Cara Membuat WordPress

Siapa yang tidak mengenal platform web building yang satu ini. WordPress telah menjadi platform web building yang sangat mendunia. Kepopulerannya bahkan membuat para webmaster berekspresi dan menuangkan ide mereka hingga membuat berbagai inovasi terhadap aplikasi web builder yang satu ini. Namun sebelum kita membicarakan hal tentang WordPress lebih jauh ada baiknya kita tahu tentang bagaimana sejarah munculnya WordPress pertama kali.

Oke, diambil dari sumber handokotantra.com (red.), WordPress pertama kali dikembangkan oleh seorang Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2. Matt yang mengetahui bahwa pengembangan b2 dihentikan oleh programmernya yang bernama Michel Valdrighi dia berinisiatif melakukan pengembangan WordPress lebih lanjut bersama temannya yang bernama Mike Little. Pekerjaan keras mereka berdua membuahkan sebuah hasil yang sangat mengagumkan, mereka berhasil membuat WordPress makin terkenal. Di tahun 2003 adalah dimana orang mengenal kemunculan WordPress untuk pertama kali.

Mengenal sedikit sejarah perkembangan WordPress akan membuat kita melihat seberapa pesatnya perkembangan WordPress saat ini. Dari awal kemunculannya di tahun 2003 hingga sekarang 2012, sudah begitu banyak variasi-variasi yang ditambahkan pada Platform WordPress. Karena pada dasarnya WordPress digunakan sebagai Platform website pribadi namun sekarang sudah begitu banyak variasi. Mulai dari WordPress Social Networking hingga WordPress Forum.

Ups, ada yang terlupakan setelah kemunculan WordPress tersebut kini WordPress terbagi pada 2 bagian. Yang pertama adalah WordPress.Org. Di sini anda menjadi seorang pengembang. Anda dapat mendownload seluruh berkas WordPress dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhkan anda.

Yang berikutnya adalah WordPress.com yakni layanan Web Building gratis yang disediakan oleh perusahaan Automattic. Baca selengkapnya tentang Automattic. Di sini anda tidak perlu repot-repot dan susah-susah untuk membuat sebuah halaman website dinamis. Hanya perlu daftar dan anda sudah memiliki sebuah website pribadi (termasuk blog saya ini, gratisan, red.). Dan kali ini kita akan membahas cara membuat WordPress di WordPress.com. Berikut adalah langkah-langkah membuat WordPress.com :

1. Pastikan anda sudah memiliki sebuah e-mail. Entah Yahoo, Gmail atau layanan e-mail lainnya. Jika belum punya e-mail silahkan baca “Cara Membuat G-Mail“. Selanjutnya langsung menuju TKP di WordPress.com, anda akan melihat penampakan seperti gambar di bawah ini :

Wordpress dot com

Di atas merupakan penampakkan terbaru dari WordPress.com, dengan tampilan dan tentu saja fitur yang baru di dalamnya. Setelah melihat homepage WordPress.com silahkan klik “GET STARTED” untuk memulai pendaftaran membuat WordPress anda (untuk pemula sebaiknya gunakan yang bahasa Indonesia, red.).

2. Kemudian anda akan dibawa ke halaman form pendaftaran WordPress.com seperti gambar di bawah ini :

Form pendaftaran WordPress

Isi sesuai dengan yang tertera pada gambar di atas :

  • E-mail Address (isi dengan e-mail yang anda miliki)
  • Username (isi dengan user atau nama yang akan anda gunakan untuk login di kemudian waktu)
  • Password (isi dengan password sesuai dengan keinginan anda)
  • Blog Address (isi dengan alamat web anda nantinya. Misalnya “joharidb”)

Dengan demikian langkah awal anda telah selesai. Kemudia cek e-mail anda di inbox, akan ada link konfirmasi pengaktifan akun. Setelah itu selamat anda telah memiliki sebuah website berbasis wordpress.

Sangat mudah bukan, dan tidak hanya mudah namun juga 100% gratis. Tunggu dulu, tentu saja sesuatu yang gratis selalu memiliki batasan-batasan begitu juga dengan WordPress.com ini. Berikut adalah beberapa kekurangan yang ada di WordPress.com Free Edition :

  1. Domain anda akan berakhiran “wordpress.com”. Misalnya pada contoh saya mengisi Blog Adress dengan “joharidb”, maka domain saya nantinya adalah joharidb.wordpress.com
  2. Layanan aplikasi yang terbatas. Artinya, jika di WordPress.Org dengan Self Hosting kita dapat dengan leluasa menambahkan plugin. Di sini anda tidak diberi wewenang untuk menambah aplikasi.
  3. Tata tampilan yang standar. Dengan menggunakan WordPress.com Free Edition maka tampilan website anda pun juga akan terkena imbas limited edition. Alias anda hanya dapat menggunakan template yang disediakan WordPress.com secara gratis tanpa boleh banyak melakukan perubahan atau anda dapat membeli template mereka yang tentu saja lebih baik dibanding yang gratis.

Namun tentu saja dibalik kekurangan selalu ada hikmah “kelebihan” yang terselubung. Di sana anda akan mendapatkan segalanya gratis dan mudah, bagi anda yang masih pemula ini sangat bagus untuk memulai langkah anda menggunakan wordpress sebelum beralih ke wordpress self hosting. Namun sebenarnya WordPress.com juga memiliki layanan premium. Untuk layanan premium WordPress.com tidak akan dibahas pada posting kali ini, mungkin pada posting selanjutnya. So, ikuti terus website Aneka Info Long Life Education.

Sumber : http://handokotantra.com/cara-membuat-wordpress.html/comment-page-1#comment-9413

2 Komentar

2 thoughts on “Cara Membuat WordPress

  1. Well… that they are honest, When i had not been looking to get such type of info by chance, when I did, since I just became aware of your site whilst I used to be the truth is owning a research inside Ask, looking to find anything pretty close up but not the identical… Even so now Now i’m a lot more than very happy to become right here and also I would like to include your point of view is incredibly fascinating despite the fact that your trifle debatable towards recognized… I would personally quite express it really is up to available argument… however I am reluctant to cause you to an enemy, ‘, haya, ‘… However, for those who like to communicate more over it, you need to answer my personal comment and also I am going to try and register in order that I will be recommended along with go back in charge of a lot more… Your brand-new companion

Silahkan Tinggalkan Komentar, Mohon jangan Spam. Spam dan cantuman link akan saya hapus !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s