Penyakit Berbahaya Bagi Guru

Untuk menjadi guru yang profesional itu membutuhkan kemauan, kemampuan dan keterampilan yang tinggi dan mau mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk. Inilah penyakit-penyakit yang harus diwaspadai guru, penyakit guru ini ditemukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah yang kemudian dipublikasikan oleh Republika. Di bawah ini 8 penyakit berbahaya bagi guru :

  1. Tipes = tidak punya selera

Gejala dari penyakit ini adalah selalu monoton dalam memberikan pelajaran, sehingga anak-anak menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pelajaran

  1. Mual = mutu amat lemah

Kualitas guru yang kurang sehingga berpengaruh pada hasil kegiatan belajar mengajar, walau sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk peningkatan mutu.

  1. Kudis = kurang disiplin

Bisa terlihat dari datang yang terlambat dan sebagainya. Para guru yang dapat menyebabkan murid-murid juga akan meniru kebiasaan negatif tersebut.

  1. TBC = tidak bisa computer

Kemajuan teknologi komputer yang bisa dimanfaatkan untuk penunjang kegiatan pembelajaran atau administrasi malah memilih cara lama. Karena alasan tidak bisa komputer dan malas belajar.

  1. Kram = kurang terampil

Ada media pembelajaran di sekolah, tidak dipakai dibiarkan saja sampai rusak karena waktu bukan rusak karena dipakai ketika belajar mengajar.

  1. Asam urat = asal sampaikan materi kurang akurat

“Anak-anak dibuka halaman 25, dibaca sampai halaman 27, lalu halaman 28 dikerjakan ya!”. Mungkin kurang lebih seperti itulah. Lalu guru pergi !

  1. Lesu = lemah sumber

Hanya memiliki sedikit buku penunjang. Apalagi kalau hanya menggunakan LKS yang sebenarnya bukan LKS yaitu rangkuman materi dan kumpulan soal.

  1. Diare = di kelas anak-anak remehkan

Bisa jadi karena guru hanya ceramah di depan kelas. Membosankan, jauh dari inovasi.

Sebenarnya 8 Penyakit tersebut di atas dalam sekejap cepat menyebar ke seluruh Indonesia melalui SMS dari HP ke HP. Namun bisa jadi sampai sekarang masih ada guru yang masih mengidap penyakit ini. Oleh karena itu berikan solusi Anda jika punya masukan buat penyakit-penyakit itu di kotak komentar !

Silahkan Tinggalkan Komentar, Mohon jangan Spam. Spam dan cantuman link akan saya hapus !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s