Tanggal Lahir Berperan Terhadap Peluang Menjadi CEO

Apakah karier Anda di pekerjaan mentok, tidak naik-naik? Kalau ya, tanggal lahir Anda barangkali adalah penyebabnya. Kapan Anda lahir ternyata ada hubungannya dengan peluang Anda menjadi bos di pekerjaan. Namun jangan salah sangka, hal itu tidak ada hubungannya dengan bintang, shio atau weton Anda.

Penelitian di Kanada mengungkapkan bahwa mereka yang lahir pada bulan Juni atau Juli memiliki lebih sedikit peluang untuk menapaki karier menjadi pimpinan. Kesimpulan tersebut dihasilkan dari studi Maurice Levi dan rekan-rekannya di University of British Columbia setelah meneliti tanggal kelahiran 375 CEO (chief executive officer) perusahaan besar yang tercakup dalam Standard & Poor`s Index. Hanya 6,13 persen dari CEO tersebut yang lahir di bulan Juni dan 5,87 persen di bulan Juli. Sebagai perbandingan, 12,53 persen dari para pemimpin tertinggi perusahaan itu lahir di bulan Maret dan 10,67 persen di bulan April.

Mengapa demikian? Ternyata penyebabnya bermuara pada sistem pendaftaran sekolah. Juni-Juli adalah bulan-bulan akhir tahun ajaran di Amerika Serikat. Mereka yang terlahir di bulan-bulan itu memasuki sekolah di usia relatif lebih muda dibandingkan teman-teman sekelas. Mereka cenderung berperawakan lebih kecil dan kurang mampu dibandingkan teman sekelas mereka yang lebih tua. Hal tersebut cenderung membuat mereka jarang dipilih untuk peran kepemimpinan di sekolah yang pada gilirannya akan berpengaruh pada kepercayaan diri mereka hingga dewasa.

Keberhasilan awal yang berdampak seumur hidup

“Anak-anak yang lebih tua dalam kelas yang sama cenderung berprestasi lebih baik daripada yang lebih muda, yang secara intelektual kurang matang,” kata Levi. “Keunggulan awal ini sering dihargai dengan peran kepemimpinan yang meningkat dan kesempatan untuk belajar.” Hal ini pada gilirannya akan bermanfaat di masa depan, dan berdampak seumur hidup.

Ketika Anda dewasa, selisih usia beberapa bulan memang tidak signifikan. Namun ketika Anda berusia empat atau lima tahun, itu adalah waktu yang panjang. Secara statistik terbukti bahwa Anda berpeluang jauh lebih sedikit untuk menjadi CEO jika Anda lahir pada bulan-bulan yang menyebabkan Anda menjadi salah satu yang termuda di kelas.

“Kita mungkin telah banyak melewatkan bakat-bakat terbaik di dunia bisnis, hanya karena mereka memulai sekolah terlalu dini,” tukas Levi. Dia menganjurkan para pendidik untuk mengatasi kelemahan bulan kelahiran ini dengan memiliki sensitivitas terhadap perbedaan usia siswa dan memberikan kesempatan-kesempatan kecil untuk menampilkan diri kepada mereka yang lebih muda.

Sumber : majalahkesehatan.com

Iklan

Silahkan Tinggalkan Komentar, Mohon jangan Spam. Spam dan cantuman link akan saya hapus !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s