Singkatan dari apakah www itu?

Apa Singkatan dari www itu?

Pengunjung yang terhormat, saya bingung menuliskan judul tulisan ini. Judul apa yang tepat untuk artikel ini. Saking bingungnya saya tulis saja seperti di atas. Padahal  jelas (pesan) apa  yang ingin saya sampaikan. Saya hanya ingin share beberapa istilah yang ada dalam dunia internet terutama kepanjangan dari www yang hampir tiap hari diucapkan orang. Bagi blogger atau orang yang belajar khusus TIK, mungkin hal itu tidak asing lagi, sehingga mungkin membaca tulisan ini akan bergumam, “Yang gini-gini aja, ditulis”. Yang bilang begitu, minggir….tinggalkan halaman ini, heheh….! Ini hanya dishare buat yang belum tahu saja.

Adapun saya menulis ini karena saya termotivasi oleh pengalaman saya sendiri di masyarakat terdidik sekalipun, ternyata singkatan www itu belum tahu. Jika saja orang itu adalah seorang guru, dan ada siswanya yang bertanya tentang singkatan tersebut, apa jadinya kalau tidak tahu. Padahal dunia internet sudah merambah ke mana-mana, tinggal tulis di google, apa saja, insya Allah ada.

Baiklah saya lari pada hal yang ingin saya share, yaitu beberapa istilah yang ada dalam dunia internet.

Anda sering menggunakan Internet? Tentu, sekedar browsing, fb-an dan blogging. Semua itu Anda akses dengan memulai membuka suatu website atau dalam bahasa Indonesia-nya halaman situs. Pernahkah Anda bertanya-tanya: singkatan dari apa sih www itu ? Atau pertanyaan-pertanyaan yang lainnya. Berikut semoga ada yang dapat menjawab pertanyaan yang pernah terlintas di benak Anda :

  • www adalah singkatan dari World Wide Web (jaringan yang luas di seluruh dunia, red)
  • DNS singkatan dari Domain Name Server
  • Lalu, apa domain itu?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Contoh URL : www.joharidb.wordpress.com (menurut Wikipedia). Fungsi domain lebih untuk mudahkan orang mengingat sebuah nama url dibanding deretan deretan angka IP. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat. Misal:namadomain.com akan lebih mudah diingat ketimbang angka 218.719.51.617.

Sekarang muncul lagi pertanyaan (bagi pembaca yang belum tahu) Apa ID Adress itu?

IP itu adalah singkatan dari Internet Protocol, sedangkan kalau diartikan secara makna (versi wikipedia) sebagai angka yang diberikan kepada device atau perangkat yang terlibat dalam jaringan komputer. Apa saja yang bisa punya IP address? Bisa komputer, bisa printer, bisa modem, bisa router, dan sebagainya.

Demikian semoga bermanfaat.

Silahkan Tinggalkan Komentar, Mohon jangan Spam. Spam dan cantuman link akan saya hapus !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s