Cara Memasang Widget Alexa Rank di WordPress

Titel WikiBook JavaScriptSebagai seorang blogger pemula seperti saya, mungkin banyak hal yang masih membingungkan. Salah satunya adalah dalam pemasangan Alexa Rank Widget di Blog saya. Satu tahun menjadi blogger otodidak saya belum pernah berhasil memasang widget alexa rank ke wordpress ini.

Ini adalah hal yang baru saja berhasil saya lakukan setelah beberapa kali mencoba dan mengalami kegagalan. Dan saya sangat ingin membaginya dengan siapa pun yang mengalami kesulitan memasang alexa rank widget di free wordpress blog.

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan widget tidak bisa dipasang di wordpress blog khususnya yang free, antara lain:

  • WordPress tidak mensupport javascript (alasan mutlak)
  • Pilihan theme blog. Sejumlah theme yang disediakan tidak mensupport widget. Jadi, bagi yang menganggap widget itu penting untuk tampilan blog, pastikan Theme yang dipilih mensupport pemasangan widget.

Kesulitan yang saya alami beberapa bulan ini adalah memasang Alexa Rank widget. Beberapa hal yang sudah saya lakukan antara lain:

  • Meng-copy HTML code Rank Widget yang ada di Alexa dan mem-paste-nya di halaman Text/HTML yang ada di menu widget. tetapi cara ini tidak berhasil. Yang muncul hanya link saja.
  • Kemudian, saya mencoba meng-copy code HTML dari Alexa dan mem-paste-nya di halaman new post dalam bentuk Visual, terus mengkonversinya ke HTML dengan meng-klik HTML/Teks button. Hasil konversi tersebut saya paste di halaman widget. Hasilnya ternyata juga gagal.
  • Kemudian saya mencoba men-drag gambar (tampilan) Alexa Rank Widget ke halaman new post dengan tampilan visual (pastikan yang muncul adalah gambar/tampilan visual bukan dalam bentuk code), baru setelah itu klik HTML/Teks button untuk meng-konversi gambar tersebut ke HTML code. Setelah itu copy code HTML dan paste di halaman widget. Dan ternyata cara terakhir ini berhasil.  Alhamdulillah…!

Perhatikan contoh visual berikut;

  1. Masuklah ke Alexa websiteAlexa Rank Widget
  2. Masukkan alamat/url Blog ke kolom yang tersedia lalu klik build widget

3. Pilihlah tampilan widget yang diinginkan. Apakah hanya Rank saja, Backlink saja atau Rank sekaligus Backlink berdasarkan tiga pilihan ukuran yang tersedia. Pastikan untuk Hanya konsentrasi pada gambar gambar tersebut untuk dipilih sesuai keinginan. Sebenarnya di sisi kiri gambar tersebut terdapat HTML code untuk masing masing gambar widget. Tetapi, pengalaman ke 1 dan ke 2 saya tidak berhasil dengan code tersebut. Dan cara yang berhasil adalah dengan men-drag gambar-gambar berikut.

4. Bukalah halaman new post di jendela yang berbeda. Tariklah salah satu gambar/widget dan drag di kolom post. Pastikan yang tampil adalah visualnya. Untuk mempermudah proses dragging, layar window alexa-nya di perkecil saja. Disarankan jendela new post blog kita dengan layar window alexa berdekatan. Drag saja widget tersebut menuju arah new post walaupun layarnya tertutup (otomatis akan muncul sendiri ketika kursor mendekatinya).

5. Klik HTML/Teks button yang ada di sebelah visual di menu bar halaman post.

6. Lalu, Copy dan paste code tersebut ke halaman widget (Text/HTML) sesuai posisi yang diinginkan dan save.

Hal serupa juga bisa kita lakukan untuk sejumlah widget lainnya seperti Linked in Profile button dll. Terkadang banyak widget yang menyediakan HTML Code untuk blog yang tidak menerima Javascript tetapi entah kenapa HTML code-nya begitu di pasang, yang muncul hanya Link saja atau tulisan saja. Nah, cara di atas adalah alternatif untuk memasang berbagai jenis widget yang bermasalah seperti tadi.

It works with me. So, it must works with your blog too. Give it a try!

Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: http://ajiramiazawa.wordpress.com (melalui pengeditan)

Silahkan Tinggalkan Komentar, Mohon jangan Spam. Spam dan cantuman link akan saya hapus !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s